Minggu, 20 Desember 2009

Online merupakan gaya hidup kaum metropolitan

Pada zaman era globalisasi seperti sekarang ini hampir semua orang sudah terbiasa dengan sebuah alat yang dinamakan komputer. Alat ini sudah sangat membaur dengan kehidupan masyarakat urban karena alat ini bisa sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satu hal sistem yang sangat diminati pada komputer adalah internet. Dengan internat kita bisa menjelajah belahan dunia lain dengan sangat mudah.
Bahasa lain dalam menggunakan internet biasa kita kenal dengan istilah chatting atau online. Online adalah berinteraksi langsung dengan berbagai jenis manusia ataupun berinteraksi langsung dengan belahan dunia lainnya dengan menggunakan sistem internet. Berikut adalah beberapa keuntungan dari ber-online :
1. AJANG EKSIS
Ini alasan paling top untuk kita ikutan pasang profildi friendster, plurk, multiply, twitter, sampai situs pertemanan lokal kaya fupei atau kombes. Meski pilihan situs pertemanan makin banyak, nggak perlulah kita ikutin semuanya. Mending fokus pada satu situs saja, tapi ‘dirawat’ dengan baik, sehingga teman-teman yamg menghubungi kita lewat situs tersebut pun nggak merasa dicuekin.
Pilih saja yang kita rasa paling pas. Misalnya, nih ikutan twitter jika kita hanya ingin menerima pesan singkat, karena setiap orang hanya bisa menuliskan 140 karakter pada statusnya. Nah, jika kita senang memperhatikan kegiatan orang lain, ikutan plurk karena di situs ini kita bisa melihat timeline posting-an teman-teman.

2. CARI JODOH
Biasanya sih, pacar adalah target kita selanjutnya setelah teman. Mirip dengan ajang eksis, kita bisa meamanfaatkan situs pertemanan sebagai tempat mencari jodoh. Peluangnya besar karena kita bertemu lagi dengan teman lama hingga orang-orang baru disana.
Tapi nggak menutup kemungkinan kita bisa mendapat jodoh dengan bergabung di mailing list. Pasalnya aktivitas maya satu ini menjaring orang-orang dengan satu persamaan ,seperti persamaan hobi atau gaya hidup selain bisa lebih nyambung ngobrol, kemungkinan kopi darat juga terbuka lebar.

3. SIDE JOB
Mau cari uang? Blog kursi basahnya! Ada banyak cara yang bisa kita tempuh. Pertama dengan buka toko online. Bisa mulai dengan modal nol, misalnya dengan jualan barang bekas. Banyak kok yang sukses. Kedua, dengan membuat blog keren dengan berniat jual, lalu tawarkan ke penerbit. Siapa tahu mereka tertarik untuk membukukan blog kita. Ketiga adalah dengan menawarkan jasa, sebut saja freelancer desainer interior atau penjahit. Pajang hasil karya kita di blog dan cari kenalan maya sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan konsumen.



4. CARI DUKUNGAN
Kita sudah belajar dari dua kasus yang mendapat dukungan hebat dari facebook, yaitu kasus Prita dan Bibit-Chandra. Tentu saja bukan kasus sembarangan yang bisa menyita perhatian banyak orang di dunia maya. Tapi jika kita memang membutuhkan simpati untuk kasus tertentu, boleh banget mencari dukungan di situs pertemanan.
Kita pun boleh kok,mencoba jadi pelopor menghimpun dukungan untuk orang lain yang menurut kita diperlukan tidak adil oleh pihak tertentu. Asyiknya, pemakai facebook atau situs pertemanan lain di negeri ini rata-rata cukup berpendidikan, sehingga cukup obyektif dalam menilai masalah.

5. HEMAT
Pastinya nih, salah satu keuntungan aktivitas dunia maya adalah berhemat untuk ngobrol dengan teman misalnya,kita tidak perlu mengeluarkan ongkos,pulsa. Kita juga bisa menemukan toko online yang menawarkan produknya dengan harga miring. Seperti memesan buku di kutukutubuku.com atau inibuku.com.


*(dikutif dari majalah cita-cinta no.25/x)

SEGMENTASI PASAR TERHADAP PRODUK

SEGMENTASI PASAR TERHADAP PRODUK

1.Segmentasi Demografi didasarkan pada karakteristik populasi yang dapat diukur dari umur,jenis kelamin,pendapat,pendidikan dan pekerjaan.

2.Segmentasi Psikografi adalah proses pengelompokan orang dalam arti sikap,nilai-nilai yang dianut dan gaya hidup.

3.Segmentasi Tingkah laku memfokuskan pada apkah orang akan membeli dan menggunakan suatu produk atau tidak,disamping seberapa sering dan seberapa banyak yang dipakainya.

4. Segmentasi Manfaat memfokuskan pada nilai persamaan (value equation). Pendekatan ini dapat memberikan hasil yang memuaskan karena pemahaman pemasar yang luar biasa terhadap masalah yang dapat diselesaikan oleh suatu produk/manfaat yang ditawarkannya,tanpa mempedulikan wilayahgeografisnya. (Warren,1995:224-229.Perilaku Konsumen)

5.Kebisaan (merubah,mengkonsumsi,dsb).(Teguh,1993:53.Perilaku Konsumen)



MINUMAN ISOTONIK

































Segmen manfaat demografi perilaku psikologis
ekonomi
relatif murah
olahragawan dinamis orientasi otonom
. Medis
mengganti ion tubuh yang hilang
atlet pengguna berat gaya hidup
rasa
rasa buah
anak-anak
pencinta buah gaya hidup
ukuran
mudah dibawa
semua usia efektif gaya hidup
efek samping
bugar
remaja
pengguna berat gaya hidup








SHAMPO

































Segmen manfaat demografi perilaku psikologis
ekonomi
relatif murah
keluarga besar
pengguna berat orientasi otonom
. Medis
melembutkan rambut
perempuan
pengguna berat gaya hidup
kemasan
isi banyak
keluarga besar pengguna berat
gaya hidup
efek samping
menyehatkan kulit kepala
laki-laki pencinta mint gaya hidup
rasa
buah-buahan
anak-anak
pecinta buah gaya hidup






BODY LOTION
































Segmen manfaat demografi perilaku psikologis
ekonomi
relatif
keluarga besar dinamis orientasi otonom
. Medis
menyehatkan kulit
perempuan efektif gaya hidup
variant
berbagai rasa
semua orang
dinamis gaya hidup
ukuran
isi banyak
keluarga besar dinamis gaya hidup
efek samping
harum
perempuan
pencinta wangi gaya hidup









PASTA GIGI
































Segmen manfaat demografi perilaku psikologis
ekonomi
harga murah
keluarga besar pengguna berat orientasi otonom
. Medis
mencegah kerusakan
semua orang pengguna berat orang yang mencemaskan kesehatan
rasa
rasa enak
anak-anak
pencinta permen gaya hidup
ukuran
praktis
keluarga besar dinamis gaya hidup
efek samping
menghilangkan bau mulut
semua orang
efektif orientasi otonom









SUSU
































Segmen manfaat demografi perilaku psikologis
ekonomi
relatif
keluarga besar pengguna berat gaya hidup
. kemasan
praktis
anak-anak pencinta buah-buahan gaya hidup
rasa
berbagai macam
semua usia
pengguna berat orientasi otonom
ukuran
sedang
keluarga besar pengguna berat gaya hidup
medis
menyehatkan tubuh
p semua orang
efektif orientasi otonom

























 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons